Breaking News

Meriahkan Festival Pengabuan 2024, Bupati Tanjab Barat Resmikan Lomba Balap Pompong.

Pompong Peserta Lomba

MEDIA ROTASI,Kuala Tungkal – Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag, secara resmi membuka lomba balap pompong yang menjadi salah satu rangkaian utama dalam Festival Pengabuan 2024 pada Kamis (15/8). 


Kegiatan yang digelar di Titian Orang Kayo Mustika Rajo Alam (WFC), Kuala Tungkal tersebut turut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Kapolres Tanjab Barat, Dandim 0419/Tanjab, Pj. Sekda, perwakilan Kejaksaan, instansi vertikal, Kepala OPD, Camat Tungkal Ilir, serta tamu undangan lainnya. 


Dalam sambutannya, Bupati Anwar Sadat menyatakan bahwa lomba balap pompong tidak hanya sekadar perlombaan, tetapi juga merupakan bagian dari kearifan lokal yang telah lama mengakar di Tanjung Jabung Barat, di mana banyak masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan.

Photo Bersama Bupati Dan Peserta Lomba

"Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat sangat mengapresiasi pelaksanaan lomba balap pompong ini. Selain sebagai upaya melestarikan tradisi, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempromosikan pariwisata, khususnya wisata bahari," katanya


"Melalui event ini, kami berharap dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, serta memperkenalkan kekayaan budaya dan alam yang dimiliki daerah kita," lanjutnya 


Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Tanjab Barat, Hermansyah, S.STP., MH, dalam laporannya menambahkan bahwa Festival Pengabuan kali ini merupakan bagian dari perayaan HUT RI ke-79 dan HUT Kabupaten Tanjung Jabung Barat ke-59. 


"Dengan adanya lomba ini, kami berharap tradisi balap pompong dapat terus dilestarikan dan menjadi daya tarik bagi wisatawan, baik lokal maupun dari luar daerah," jelas Hermansyah.


Lomba balap pompong tahun ini diikuti oleh 12 pompong di kelas umum dan 36 pompong di kelas penjaring. Para peserta berlomba memperebutkan hadiah utama sebesar Rp10 juta untuk juara pertama, Rp8 juta untuk juara kedua, Rp6 juta untuk juara ketiga, dan Rp3 juta untuk juara favorit harapan 1. Selain itu, setiap peserta yang tidak mendapatkan juara akan menerima bantuan sebesar Rp100 ribu sebagai bentuk apresiasi.


Lomba balap pompong ini menjadi salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu dalam rangkaian Festival Pengabuan, yang selalu menarik perhatian masyarakat.(Satria)

0 Komentar

"/>
"/>

Advertisement

Cari Berita Anda Disini

Close