Breaking News

Minimnya Jumlah Siswa Sekolah Negeri di Tanjab Timur Saat PPDB

 


MEDIA ROTASI, MUARA SABAK - Memasuki tahun ajaran baru, masih terdapat beberapa sekolah yang masih minim peminat, meski jumlahnya tidak terlalu besar.

Kabid PTK, Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjab Timur, Refli, saat diwawancarai diruang kerjanya, Kamis 18 Juli 2024 mengatakan, pihaknya telah membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sejak tanggal 1 sampai 6 Juli 2024, lalu di tanggal 8 Juli pengumuman penerimaannya.

"Sejauh ini tidak ada kendala dalam proses PPDB di kabupaten ini. Berbeda dengan di kota, yang mungkin ada pembatasan penerimaan murid disuatu sekolah karena kelebihan jumlah. Tapi kita disini, masih mencari murid atau masih ada sekolah yang jumlah muridnya belum maksimal," ucapnya.

Bahkan, dirinya juga menjelaskan, masih ada sejumlah sekolah yang masih minim PPDB nya di Kabupaten Tanjab Timur ini.

Seperti di Kecamatan Nipah Panjang, Kecamatan Kuala Jambi dan Kecamatan Geragai. Yang mana, untuk siswa SMP biasanya menerima sekitar 20 orang, sekarang ada yang hanya 10 orang siswa baru yang masuk ke sekolah tersebut.

Dari hasil penelusuran di lapangan, pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjab Timur mendapati beberapa penyebabnya.

Yaitu, ada peningkatan jumlah siswa yang saat ini masuk ke Madrasah, baik itu Madrasah Ibtidaiyah setingkat SD dan Madrasah Tsanawiyah setingkat SMP, bahkan adapula yang memilih untuk masuk dalam Pondok Pesantren.

Bahak, ada pula penyebab lainnya yaitu, jumlah penduduk usia sekolah dibeberapa wilayah di Kabupaten Tanjab Timur ini yang sudah berkurang.

"Yang penting bagi kita, walaupun anak-anak tersebut tidak masuk ke sekolah negeri, asal jangan putus sekolah dan masih terus melanjutkan kejenjang pendidikan selanjutnya," jelasnya.

Lain dari pada itu, Refli juga menerangkan, penyebab kurangnya jumlah siswa baru di sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjab Timur ini yaitu, ada dari para siswa yang memilih sekolah di luar kabupaten ini. 

Dan jumlah itu berbanding sedikit dengan jumlah siswa dari luar yang mendaftar ke sekolah di Kabupaten Tanjab Timur.

"Siswa yang pindah sekolah ke luar kabupaten kita ini rata-rata mereka yang mau masuk ke jenjang SMP ataupun Pondok Pesantren dan juga Madrasah Tsanawiyah," terangnya.

Mengakhiri wawancaranya, Kabid PTK Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjab Timur ini menyebutkan, untuk jumlah pasti PPDB tahun 2024 dimasing-masing sekolah itu baru bisa diketahui datanya pada tanggal 31 Agustus 2024 mendatang.

"Karena sebelumnya, kami baru menerima laporan-laporan pemantauan dilapangan, dan itu juga tidak semua yang bisa kita pantau. Barulah nanti tanggal 31 Agustus 2024, kita menerima data resmi siswa baru di TKP, SD maupun SMP yang ada di bawah naungan kita," pungkasnya. (Igun)

0 Komentar

"/>
"/>

Advertisement

Cari Berita Anda Disini

Close